Posted by : Step Rabu, 25 Desember 2013

Asam folat termasuk salah satu vitamin B. Merupakan vitamin larut air yang terlibat dalam berbagai proses dalam tubuh manusia. Tubuh kita memerlukannya untuk pembentukan sel baru. Setiap orang membutuhkan asam folat.

Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 ini penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari biosintesis nukleotida untuk mensintesis DNA, perbaikan DNA dan metilasi DNA serta bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi biologis yang melibatkan folat.
Manfaat penting asam folat bagi kesehatan Anda:

Mencegah Osteoporosis

Asam folat termasuk salah satu vitamin B yang juga kofaktor enzim yang berfungsi melengkapi sintesis DNA dan RNA seseorang. Selain itu, asam folat juga dapat mengubah homosistein menjadi metionin, sekaligus menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Homosistein merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia. Mengubah homosistein jadi metionin.

Mengatasi Gangguan Rest Leg Syndrome

RLS (Rest Leg Syndrome) merupakan pergerakan kaki yang terjadi di bawah sadar saat seseorang tertidur. Biasanya hanya terjadi sesaat, namun jika terjadi berulang-ulang dan hampir tiap hari, RLS bisa mengakibatkan gangguan tidur dan depresi. RLS dapat terjadi akibat rendahnya kadar asam folat dalam tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami RLS dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat.

Mengurangi Nyeri Otot

Asam folat termasuk dalam golongan vitamin B yang dikenal sebagai vitamin neurotropik, yakni membantu meredakan nyeri otot. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan kerusakan saraf (myelin) yang biasanya terjadi setelah melakukan latihan yang intens.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Lebih dari 80 penelitian menemukan bahwa kenaikan homosistein darah dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Mekanisme spesifik homosistein dalam menyebabkan penyakit kardiovaskular belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa peneliti telah menduga bahwa mekanismenya berhubungan dengan penggumpalan darah, vasodilasi arteri, dan penebalan dinding arteri. Peneliti juga mengungkapkan bahwa suplementasi folat yang cukup, baik bagi pria maupun wanita, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 45 persen.

Mencegah Kanker Usus

Asam folat, yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh (misalkan beras merah), memainkan peran penting dalam pemeliharaan DNA, bahan genetik dalam sel kita. Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang yang mengasup asam folat berisiko 40 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Mencegah Anemia

Asam folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Menurunnya kadar sel darah merah dapat mengakibatkan seseorang mengalami anemia.
Salah satu cara yang mudah untuk memastikan bahwa kita telah mengonsumsi asam folat dengan dosis yang cukup adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung asam folatserta menambahkan suplemen yang mengandung asam folat setiap hari.
Sumber asam folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (karena istilah folat berasal dari bahasa latin yaitu folium, yang berarti daun hijau), buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk.
Setelah mengetahui begitu pentingnya asam folat bagi tubuh kita, maka pastikan Anda senantiasa mencukupi asupan asam folat Anda setiap harinya. Pilihlah makanan dan multivitamin dengan kandungan asam folat yang cukup demi menjaga kesehatan Anda.

Tinggalkan Komentar

Momotkun Rules... XD

1. Jangan Berkomentar menggunakan bahasa yang kasar...

2. Silakan Ketik alamat blog kalian jika ingin di buka sama Momot

3. Terimakasih telah Kerjasamanya...

Tandai Post | Tandai Comment

- Copyright © Momotkun- Powered by Blogger -