Posted by : Step Rabu, 03 Juli 2013


Vocaloid adalah sebuah program Voice synthesizer [Tulisannya betul ga? (-__-;) ...] yang dikembangkan oleh Pompeu Fabra University di spanyol yang disponsori oleh YAMAHA. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lagu dari data suara tiruan dalam program tersebut, hanya dengan memasukan lirik dan melodi. Suara sintesis Vocaloid direkam dari suara penyanyi atau seiyuu. Ada banyak seiyuu dan penyanyi terkenal yang vokalnya dijadikan dasar suara para Vocaloid ini, salah satunya adalah Gackt, tidak tanggung - tanggung, nama vocaloidnya saja adalah Kamui Gakupo [Plesetan dari Camui Gackt], dan disebut Gackpoid. Software Vocaloid tersedia tidak hanya dalam bahasa jepang saja, seri vocaloid pertama justru dibuat untuk bahasa inggris. Pihak Yamaha pertama kali mengumumkan tentang Vocaloid untuk pertama kalinya di fesival musikmesse di jerman pada bulan Maret 2003. Leon dan Lola, adalah Vocaloid yang paling pertama diproduksi. Program ini ditujukan bukan hanya untuk musisi professional saja, tapi juga orang awam bisa menggunakannya. Yang menjadi batasan hanyalah kemampuan masing - masing pengguna saja.

Cara memainkan softwarenya

Sederhananya, yang harus dilakukan adalah memasukan satu suku kata untuk satu nada, mengatur nada dimana suku katanya itu akan ditempatkan, panjang pendek nadanya, jeda, juga vibrasi suara. Lirik dan nada tersebut dimasukan ke dalam tampilan yang mirip music sheet dimana nada dan lirik bisa diatu sesukanya di sana. Semakin ke atas, tentu saja nadanya semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Ketinggian suara masing - masing karakter berbeda - beda, beberapa karakter dengan jangkauan suara sedang akan masuk ke suara falsetto jika kita memasukkan nada diluar jangkauan suaranya. Atau untuk karakter bersuara tinggi, nada rendah akan terdengar dengan sangat aneh, begitu pula untuk karakter bersuara rendah, nada tinggi akan terdengar sangat konyol dan berkesan memaksa.

Aksen suaranya juga bisa diubah, ada penekanan tertentu seperti bunyi "r", "p", dan beberapa konsonan lain pada salah satu mode untuk penekanan suara. Untuk Vocaloid bahasa jepang, bisa saja kalian memasukan lirik dalam bahasa indonesia, untuk dinyanyikan para vocaloid ini, tapi lafalnya akan terasa lucu. Bunyi "La" terdengar "Ea", dan "Va" akan terdengar "~A". Tapi jika kita memasukan suku kata "Ra" tanpan penekanan aksen, akan terdengar hampir mirip seperi "La". Mungkin kedengarannya mudah, tapi ada banyak variasi nada , panjang pendeknya dalam mebuat satu lagu dan banyak fitur - fitur yang bisa digunakan. Untuk orang yang buta NOT dan tidak berbakat dalam bidang musik, tanpa alat musik yang bisa dimainkan untuk mengetahui nada yang diinginkan, sangat - sangat sulit untuk mengatur nada - nada dLm program tersebut dan membuat karakter Vocaloidnya bernyanyi seperti yang diinginkan.




Tinggalkan Komentar

Momotkun Rules... XD

1. Jangan Berkomentar menggunakan bahasa yang kasar...

2. Silakan Ketik alamat blog kalian jika ingin di buka sama Momot

3. Terimakasih telah Kerjasamanya...

Tandai Post | Tandai Comment

- Copyright © Momotkun- Powered by Blogger -