Posted by : Step Apr 13, 2013



Ketika kita sedang belajar untuk ujian esok hari, kita akan mendapatkan banyak kesulitan. Kesulitan itu timbul akibat kita sangat takut karena ujian yang ingin kita hadapi tinggal hitungan jam. Berikut tips-tips belajar yang perlu anda lakukan:

1. Persiapkan Mental


Bunuh rasa takut Anda. Jangan pernah merasa takut bahwa Anda tidak akan dapat mengerjakan ujian. Jangan bayangkan hasil ujian yang buruk. Anda harus membayangkan hasil ujian yang baik agar Anda merasa bahagia dan nyaman sekaligus ceria. Jangan pernah ragu untuk mengatakan, “Gampanglah! Cepeklah! Cepeklah!” Munculkan motivasi. Ingat kembali bahwa Anda sedang berjuang demi cita-cita Anda. Ingat kembali keluarga Anda di kampung halaman sana. Ingatlah bahwa perjuangan Anda akan menentukan bangsa ini! Pasang mental Juara. Seorang juara akan selalu berjuang hingga titik darah penghabisan, tanpa peduli hasil akhir yang akan ia dapatkan.


2. Persiapkan Fisik


Untuk bisa belajar dengan efektif, Anda harus sehat. Mulailah dengan push up sebanyak 25 kali untuk memproduksi hormon endorfin yang akan memberikan efek ketenangan pada psikis Anda. Selain itu, push up juga akan memperkuat otot lengan Anda sehingga Anda siap untuk menulis dan menghapus jawaban ujian Anda.

Minum susu. Semua orang tahu bahwa susu bergizi, namun hati-hati jika Anda meminum susu ketika malam sebelum ujian. Karena Anda pasti mengantuk dan tidur sehingga Anda tidak sempat menjalankan sistem kebut semalam! Ingat untuk mengimbangi teh dengan kopi agar Anda tidak mengantuk. Selain itu jangan lupa untuk menyikat gigi Anda sehabis minum kopi. Gigi yang putih dan bersih akan membantu Anda untuk semakin percaya diri dalam mengerjakan soal ujian.

Mandilah sebelum belajar. Badan yang segar akan memberikan Anda semangat yang lebih untuk belajar. Habiskan beberapa menit di depan cermin untuk meyakinkan diri Anda bahwa Anda siap untuk belajar. Jangan lupa untuk membasahi seluruh kulit kepala Anda untuk memberikan stimulus kepada kepala agar siap untuk belajar.

Pakailah baju yang nyaman untuk belajar. TIDAK DISARANKAN untuk belajar tanpa mengenakan pakaian!

Sekarang Anda telah memiliki menyal juara dan fisik pembelajar. Anda telah siap untuk melangkah ke persiapan berikutnya.


3. Tentukan Apa yang ingin Anda Pelajari


Di saat-saat menjelang ujian, kita sering sekali menemui kebingungan apa yang harus kita pelajari. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu, mata kuliah apa yang akan diujikan besok. Jangan lupa tanyakan waktu ujian agar Anda mengerti berapa waktu yang Anda miliki untuk belajar.

Setelah mengetahui mata kuliah apa yang akan diujikan, dan sisa waktu yang Anda miliki untuk belajar, sekarang Anda harus menentukan bahan ujian yang akan Anda pelajari. Tanya kepada orang yang paling rajin di kelas, apa saja bahan ujian. Setelah itu buatlah daftar bab yang diujikan. Perkirakan apakah waktu yang Anda miliki cukup untuk mempelajari semua bahan ujian. Tentukan bahan ujian apa saja yang akan Anda pelajari.

4. Belajarlah


Ya mulai aja belajarnya, karena kalau Anda tidak pernah memulai maka Anda tidak akan pernah selesai! “Karena satu tindakan mengalahkan sejuta ucapan”

Lihat Sumber

Leave a Reply

Momotkun Rules... XD

1. Jangan Berkomentar menggunakan bahasa yang kasar...

2. Silakan Ketik alamat blog kalian jika ingin di buka sama Momot

3. Terimakasih telah Kerjasamanya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

ads



Momotkun juga menyediakan jasa Ads klik disini

Daftar Komentar

- Copyright © 2017 Momotkun - Powered by Blogger -