Posted by : Step Senin, 18 Maret 2013

Ujian nasional SMP tinggal setengah tahun lagi. Nah, saat ini adalah saat yang terbaik untuk mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional SMP. Mempersiapkan diri jelang ujian nasional SMP tentu bukan sembarang persiapan. Ada tips jitu supaya persiapan Anda lebih efektif dan maksimal. Nah, apa sajakah tips menghadapi ujian nasional SMP? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Pertama-tama, kita harus mengetahui kisi-kisi ujian nasional 2013. Biasanya diumumkan langsung di sekolah atau di website kemdiknas. Kisi-kisi sangat penting untuk mengetahui apa sajakah yang harus kita pelajari supaya hanyaMateri Pelajaran yang benar-benar keluar saat ujian nasional 2013 saja yang kita pelajari.

Kedua, kita bisa membeli buku kumpulan soal ujian nasional. Namun, buku kumpulan soal ujian nasional yang terbaik adalah buku yang berdasarkan kisi-kisi ujian nasional 2013 dan berisi pembahasan (cara menjawab) di setiap soalnya. Ini penting untuk mendalami bagaimana cara menjawab soal ujian nasional dan lebih mengetahui model soal yang akan keluar saat ujian nasional 2013.

Ketiga, Anda bisa mengajak teman-teman Anda untuk belajar bersama (belajar kelompok). Keuntungannya adalah Anda bisa saling berbagi teknik/cara menjawab soal dan saling membantu untuk memahami soal dan langkah-langkah menjawabnya. Selain itu, belajar kelompok juga lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Ajaklah maksimal 4-5 teman Anda supaya tidak terlalu ramai karena anggota kelompok belajar yang terlalu banyak akan menganggu proses belajar. Ajak juga salah satu teman Anda yang sangat pintar atau yang menjadi juara kelas supaya ada yang bisa ditanya. Setelah belajar, bila mampu, ajaklah teman Anda untuk jalan-jalan atau makan bersama.

Keempat, jika Anda belajar sendiri, belajarlah di tempat yang nyaman bagi Anda dan tidak mengganggu proses belajar Anda. Seperti di kamar atau di taman rumah Anda. Jika Anda sudah merasa bosan, lakukanlah beberapa kegiatan refreshing seperti jalan-jalan melihat hijaunya taman rumah Anda.

Seminggu sebelum ujian, jangan belajar. Karena hal itu akan membuat semua materi pelajaran yang Anda pelajari akan dilupakan. Usahakan lakukan kegiatan refreshing dengan berjalan-jalan. Tetapi jangan melakukan hal yang menguras pikiran Anda.

Sumber: hedisasrawan.blogspot.com

Tinggalkan Komentar

Momotkun Rules... XD

1. Jangan Berkomentar menggunakan bahasa yang kasar...

2. Silakan Ketik alamat blog kalian jika ingin di buka sama Momot

3. Terimakasih telah Kerjasamanya...

Tandai Post | Tandai Comment

- Copyright © Momotkun- Powered by Blogger -